Pengunjung Blog/Web bertambah secara cepat dan mudah Click DISINI

Cara Membuat Forum Komunitas

Share on :
Saya Akan Menerbitkan Artikel Tutorial Blog Tentang Cara Membuat Forum dan Bagaimana Detailnya adalah  Tutorial Cara Membuat Forum Dengan PHPBB atau Seperti PHPBB, Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang Komunitas Online, Sekarang saya ajak Anda untuk BUAT forum komunitas online dengan mesin dari phpBB . Tetapi sebelumnya akan sedikit saya jelaskan tentang Forum dan phpBB.

Perlu Anda ketahui, forum komunitas online merupakan sebuah wadah bagi komunitas tertentu untuk dapat saling berkomunikasi antar anggotanya. Bentuk komunikasi tersebut berupa tulisan (posting) yang dituliskan oleh salah satu anggota yang kemudian dinamakan topic starter (orang yang memulai diskusi pertama kali). Dari tulisan pertama tersebut, yang entah bahasannya mengenai apa, kemudian mendapat respon dari anggota-anggota lainnya. Bentuk ini dinamakan diskusi antar anggota forum komunitas tersebut. Forum hanya akan berisi posting, posting dan posting yang dituliskan oleh anggotanya. Untuk web-web besar, semisal web kampus atau web komunitas lainnya, biasanya akan menyediakan fasilitas forum sebagai wadah diskusi, tidak hanya terbatas bagi anggota atau mahasiswa kampus tersebut saja, akan tetapi masyarakat luas juga dapat berpartisipasi dalam forum tersebut dan menjadi anggotanya. 
 
Sebuah forum juga akan memiliki rules (aturan-aturan) yang harus dipatuhi oleh semua anggota forum tersebut, tergantung kebijakan yang punya forum, jika ada anggota yang melanggar rules dari forum tersebut kemungkianan akan dikeluarkan (Banned).  Untuk anggota sendiri memiliki hak yang berbeda-beda, tergantung level yang dia miliki. Pemegang kontrol penuh terhadap sebuah forum adalah Administrator yang kemudian level yang ada dibawahnya adalah Moderator dan disusul oleh Kontributor baru kemudian Member (anggota biasa). Sedangkan untuk pengunjung forum non anggota adalah pengunjung biasa atau disebut dengan Guest (hanya bisa membaca forum).
 
Sedangkan phpBB sendiri merupakan sebuah sarana/fasilitator penyedia aplikasi untuk menciptakan forum komunitas online. Sama seperti Wordpress, Blogspot yang merupakan sarana/software untuk membuat blog atau Joomla dan Mamboo yang merupakan software web multifungsi, phpBB merupakan salah satu software web untuk membuat forum komunitas online. Tentunya bukan phpBB saja software pilihan untuk membuat forum, masih ada invisionBoard dan lainnya. Akan tetapi memang phpBB lah salah satu software pembuat forum yang handal dan tentunya GRATISSS…tiss…tisss.
 
Hingga saat ini, phpBB telah merilis versi phpBB 3, dengan fitur dan keunggulan yang sama dengan invisionBoard (software pembuat forum yang berbayar). Contoh forum yang menggunakan invisionBoard sebagai mesin mereka adalah KASKUS. Saat versi terbaru phpBB keluar, saya cukup terkagum-kagum, karena fitur dan keunggulan yang ditawarkan sangat banyak dibanding versi sebelumnya yaitu phpBB versi 2. Fitur tersebuat diantaranya adalah pembuatan forum dan kategori forum yang tidak terbatas, jadi pada sebuah kategori forum Anda dapat membuat beberapa forum bahasan, dan didalam forum tersebut dapat dibuat sub-forum2 lainnya hingga tak terbatas(belum ada di phpBB versi 2). Kostumisasi forum yang lumayan mudah, dengan dukungan theme dan plugin yang cukup banyak. Bagi Anda yang gemar mengutak-atik sebuah software web, baik itu phpBB sendiri atau Wordpress dan Blogspot, Anda dapat melakukan kostumisasi sesuai keinginan Anda. Pada sebuah forum pembahasan dapat menggunakan gambar (image) sebagai identitas forum pembahasan tersebut. Dan untuk tingkat keamanan juga lebih tinggi tingkat keamanannya dibanding versi sebelumnya, oleh karena phpBB adalah freeware dan komunitasnya sudah menyebar diseantero dunia, sehingga masalah keamanan yang timbul dapat dilaporkan ke komunitas phpBB untuk diperbaiki bersama-sama.

Anda dapat membuat forum komunitas online berbasis phpBB dengan cuma-cuma di internet. Banyak sekali pihak penyedia layanan pembuatan forum komunitas online berbasis phpBB ini, diantaranya ForumMotion atau ForumDost. Bukan hanya gratis, Anda juga mendapat paket sub-domain dan hosting dari pihak penyedia layanan tersebut. Ya tentunya Anda harus menerima konsekuensi dari layanan gratis tersebut seperti apa yang telah saya tuliskan sebelumnya. Atau jika Anda tertarik dan serius ingin membuat forum komunitas online berbasis phpBB, nanti akan saya jelaskan langkah-langkah dalam membuat forum dengan phpBB (proses instalasi dan pengaturan forum).

Berikut adalah screenshoot untuk forum berbasis phpBB :
phpBB versi 2

Cara Membuat Forum Dengan PHPBB


phpBB versi 3

Tutorial Cara Membuat Forum Dengan PHPBB

Sampai Disini Dulu Yang Bersambung Tunggu Artikel Saya SElanjutnya.....

0 komentar on Cara Membuat Forum Komunitas :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Chat

Pengikut

Entri Populer