Pengunjung Blog/Web bertambah secara cepat dan mudah Click DISINI

Teknologi Compact Disc

Share on :

CD dan DVD: Struktur Disc
 CD dan DVD memiliki material dan lapisan dasar yang sama. Sebuah DVD sebenarnya adalah dua CD tipis yang direkatkan menjadi satu. Sebuah CD hanya dapat dibaca dan ditulisi dari satu sisi saja, tetapi DVD bisa dilakukan dari kedua sisinya.
 Lapisan Substrat Polikarbonat (plastik)
 Lapisan ini adalah lapisan terluar dari disc, suatu lapisan yang memebri ketebalan disc dan menjaga disc tersebut agar tetap datar. Jika lapisan ini kotor/rusak, akan mengakibatkan data sulit dibaca.
 Lapisan Data
Sesuai namanya, lapisan ini berisi data. Data tersebut berupa tanda, atau lekukan yang dapat menyerap atau memantulkan kembali sinar laser yang dipancarkan. Pada CD, lapisan ini berada di bawah lapisan reflektif pada label, pada DVD, lapisan ini berada ditengah-tengah disc.
 
Lapisan Metal (Reflektor)
Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan sinar laser kembali ke photosensor. Lapisan ini memiliki tiga jenis reflective metal yang umum digunakan: emas, alumunium, perak, atau perak alloy.
pada DVD double-layer, terkadang menggunakan silicon sebagai bahan semireflektif.
Disc RW, ROM, dan RAM (CD-RW, CD-ROM, DVD-RW, DVD+RW, DVD-ROM, DVD-RAM) mengunakan alumunium sebagai bahan reflektifnya karena murah dan mudah digunakan.
Disc R (CD-R, DVD-R, DVD+R), menggunakan gold, silver, atau sebuah silver alloy, karena tidak bereaksi dengan lapisan dye dan tidak korosif.
 DVD-ROM dapat dibuat dengan dua lapisan ini. Sehingga kapasitasnya dapat digandakan sampai 4x. Lapisan bawah dibuat dengan lapisan semireflektif, agar laser dapat menembus lapisan ganda diatasnya.


Lapisan Permukaan Tambahan
 Lapisan ini dapat ditambahkan sebagai permukaan label. Lapisan ini terdiri dari 4 jenis, yaitu:
thermal-printable
inkjet-printable
silkscreen-printable
dan sebuah lapisan yang dapat mengakomodasi lebih dari satu.
Biasanya lapisan ini digunakan media cetakan gambar, logo, dan lapisan protektif. Lapisan ini adalah lapisan yang paling aman untuk ditulis, dan digambari.


CD dan DVD: Tipe-tipe Disc
CD (Compact Disc) : CD yang memiliki lapisan tunggal (satu lapisan data atau lapisan recordable pada salah satu sisi disc).
 Disc Tipe Kapasitas Penggunaan Umum
CD-ROM, Audio CD, Video CD Read Only 650 MB Program komputer, musik, film.
CD-R Record-Once 650 MB Data pribadi, musik, aplikasi, data komputer, file.
CD-R Record Once 700 MB
CD-RW ReWriteable 650 MB Data pribadi, aplikasi, data komputer, file.
CD-RW ReWriteable 700 MB
DVD
DVD-ROM, DVD-Video, dapat berupa single atau double-sided dengan satu ada dua lapisan data pada salah satu atau kedua sisinya (dengan jumlah maksimum 4 lapisan data).
DVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD+RW, hanya tersedia dalam single-sided, single-layer (SS/SL)
DVD-RAM tersedia dalam bentuk double-sided, single-layer (DS/SL).
Disc Tipe Kapasitas Penggunaan Umum
DVD-ROM, DVD-Video, DVD-Audio

Film, Game Interaktif, Aplikasi Program.
Single Sided - Single Layer Read Only
4.7 GB
Single Sided - Double Layer Read Only
8.54 GB
Double Sided - Single Layer Read Only
9.4 GB
Double Sided - Double Layer Read Only
17.08 GB
DVD-R Record-Once
4.7 GB
3.95 GB
Video Recording dan Editing, Back-up Data
DVD+R Record-Once
4.7 GB
Video Recording, Back-up Data
DVD+RW ReWriteable
4.7 GB
3.95 GB
Video Recording dan Editing, Back-up Data
DVD-RW ReWriteable
4.7 GB
Video Recording, Back-up Data
DVD-RAM


Single Sided ReWriteable
2.6 GB
4.7 GB
Data Komputer yang update-able, Back-up
Double Sided ReWriteable
5.2 GB
9.4 GB

-Pengenalan Teknologi Cakram Blu-Ray (Blu Ray Disc)

Cakram Blu-ray adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD. Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang.[1] Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.blue ray lebih pendek dari panjang gelombang laser memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak informasi pada 12 cm CD / DVD ukuran disk. Minimum "spot size" di mana sebuah laser dapat terfokus dibatasi oleh difraksi, dan bergantung pada panjang gelombang dari cahaya dan kecepatan rana numerik dari lensa yang digunakan untuk fokus itu. Dengan penurunan panjang gelombang, meningkatkan kecepatan rana numerik 0,60-0,85 dan membuat penutup lapisan tipis agar terhindar dari efek optik yang tidak diinginkan, laser dapat difokuskan ke tempat yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan lebih banyak informasi yang akan disimpan di daerah yang sama.
-prinsip dasar kenapa blu-ray
kita diajarkan urutan spektrum cahaya berdasarkan frekuensinya (dari yang rendah ke yang tinggi) urutannya spt ini : Mejikuhibiniu = Merah Jingga Kuning hijauBiru Nila, Ungu.
Merah frekwensinya paling rendah. Biru frekwensinya lebih tinggi dari merah.(blue Ray sebenarnya memakai sinar laser Violet/Ungu..istilah Blue hanya untuk memudahkan saja) Sinar laser biasa yg dipakai di CD /alat optic yg standard adalah laser dgn spektrum merah. Jika dipakai laser dengan spektrum warna yg lebih tinggi , biru misalnya (Blu Ray = Sinar Biru) maka akan menghasilkan panjang gelombang yang lebih pendek, karena frekwensinya tinggi. Dengan gelombang cahaya yang lebih pendek, maka akan lebih rapat data yg bisa ditembakkan pada sekeping Disc.
Teknologi Blue Ray menggunakan laser biru dengan menggunakan panjang gelombang 405 nm, sedangkan CD dan DVD menggunakan laser merah, dengan panjang gelombang 780 nm untuk CD, serta 635-650 nm untuk DVD. Blue Ray menggunakan 1 sampai 2 layer setiap kepingnya, yang tiap layernya mampu menampung 25 GB data, sehingga maksimum kapasitasnya adalah 50 GB. Pada CD hanya memiliki satu layer saja yang hanya mampu menyimpan 650-700 MB data, sedangkan DVD memiliki 2 layer. Blue Ray mempunyai kecepatan akses 36 MB/s, lebih cepat dibandingkan CD yang hanya 1,2 MB/s dan DVD dengan 11 MB/s. Teknologi Blue Ray sudah diimplementasikan pada Sony Playstation 3, untuk pemakaian pada PC, disc serta playernya dijual terpisah.
Maka dapat dipahami jika kemampuan simpan Blue Ray Disc akan lebih besar dari DVD biasa sekitar 5 kali lipat ( sekitar 20GB per kepingnya)..sehingga Blue Ray Disc ini sangat cocok utk merekam Film2 High Definition yang uncompress sehingga kualitas gambar dan suara akan sangat memukau. Untuk membaca format ini maka dipakai player khusus yg bisa dilengkapi dengan laser Blue Ray.
Contoh pemutar blu-ray disc
-Perbedaan Drive Untuk Membaca Data Dari Media Cd, Dvd Dan Blueray
Seperti kita ketahui penggunaan media storage yang berbasis optic sekarang makin marak, dari dulu yang hanya untuk menyimpan file format audio saja atau film saja sampai sekarang sudah sangat pesat perkembangannya.
Contoh pemutar disc
kalau kita cermati secara singkat, ukuran fisik media drive tersebut adalah sama dan standar, akan tetapi setelah kita telusuri lagi ternyata teknologi yang digunakan dalam proses pembacaan dan penulisan ke media optic tersebut sangatlah berbeda.


Perbedaan layer 



Contoh gambar permukaan
-Spesifikasi
Tipe media: cakram optik kepadatan tinggi
Kapasitas: 25 sampai 50 GB (satu lapis), 50 sampai 100 GB (dua lapis)
Mekanisme baca: 1x@36Mb/s & 2x@72Mb/s
Penggunaan: Penyimpanan data, termasuk video definisi tinggi

-Perkembangan Teknologi Blu-Ray
Teknologi blue-ray semakin mengancam keberadaan media penyimpanan yang lain. Teknologi ini kembali meluncurkan versi terbaru mereka yang berkapasitas 500 GB. Bagaimana bisa sebesar ini? Blue ray ini dilengkapi dengan 25 layer (lapisan) penyimpanan data. Setiap layer mampu menyimpan memori sebesar 25 giga. Tenologi ini diharapkan mampu mengatasi kebutuhan kapasitas yang semakin besar baik untuk game, film, maupun penyimpanan data.
-Teknologi Baru Pengganti Blu-Ray Dan Perbedaannya
Belum sempat familiar dengan Blue Ray sekarang kita sudah diberikan pilihan baru untuk media penyimpanan, yaitu Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc). Teknologi ini awalnya dikembangkan oleh Constellation 3D, sebuah perusahaan yang bermarkas di AS yang memiliki laboraturium di Israel dan Rusia.
FM Disc sendiri merupakan perkembangan atas penemuan seorang kimiawan Rusia beberapa waktu sebelumnya. yaitu sebuah bahan organis yang bernama "stable photocrome", sebuah bahan bila terkena sinar laser dapat memancarkan cahaya Fluoroscent.
Salah satu perbedaan mendasar adalah bila CD dan DVD permukaannya tergores, data akan sulit dibaca, sedangkan pada FM Disc hal tersebut tidak terjadi. Isinya akan tetap terbaca meskipun permukaannya tergores atau kotor. Karena sifat cahaya pada FM Disc bersifat incoherent berbeda dengan CD dan DVD yang bersifat coherent.
Dari segi bentuk, FM Disc memiliki bentuk seukuran dengan CD, DVD, dan Blue Ray Disc (BSD) tetapi transparan, tidak terdapat lapisan mengkilap seperi generasi sebelumnya. FM Disc memiliki lebih banyak layer, yaitu untuk kapasitas 50 GB diperlukan 12 layer dengan kecepatan akses yang sangat cepat mencapai 1 GB/s.
Untuk tahap awal, teknologi FM Disc masih menggunakan laser merah yang hanya mampu menampung sekitar 140 GB data. Dan untuk tahap berikutnya akan menggunakan laser biru dengan panjang gelombang 480 nm, dengan kapasitas mencapai 10 TB (Tera Byte). Sungguh merupakan kapasitas yang sangat luar biasa besar.
Kehadiran teknologi baru ini (Blue Ray dan FM Disc) tertunya tidak akan langsung menggusur teknologi yang sudah ada sebelumnya. Hal ini tentunya akan membutuhkan proses yang lama, dapat kita lihat saja sampai sekarang masih ada yang mengunakan Disket. Namun sekarang setidaknya kita memilki banyak pilihan dalam memilih media penyimpanan yang kita butuhkan.

0 komentar on Teknologi Compact Disc :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Chat

Pengikut

Entri Populer