Pengunjung Blog/Web bertambah secara cepat dan mudah Click DISINI

Konfigurasi Router Menggunakan Mikrotik

Share on :
Tujuan dari routing adalah agar paket IP kita dikirim samapai pada target, begitu juga paket IP yang ditunjukan untuk kita sampai dengan baik target atau destination ini bisa berada dalam satu jaringan ataupun berbeda jaringan baik secara topologis maupun geografis.

      1.      Memberikan IP Address kepada 2 NIC atau LAN Card, karena kita akan membuat sebuah router. Contoh, untuk koneksi ke internet kita menggunakan ip address=192.168.2.1 dengan netmask kelas B=255.255.255.0 sedangkan untuk jaringan kedalam atau LAN ip addressnya=10.10.30.1 dengan netmask=255.255.0.0.


2.      Kemudian setelah mengkonfigurasi LAN Card, kita dapat melihat apakah pemberian atau konfigurasi LAN Card kita Berhasil. Berikut adalah perintahnya dengan mengetikan “ip address print”.


3.      Langkah selanjutnya adalah pemberian Gateway untuk penggunaan internet, berikut adalah perintahnya.

4.      kemudian dapat dilihat hasilnya, perintahnya adalah “ip route print”.


5.      Selanjutnya kita memberikan ip dns server internet, misalnya dns server menggunakan telkom speedy yaitu primary domain 203.130.196.5 dan secondary domainnya 203.130.208.18, lebih jelasnya berikut perintahnya.


6.      Kemudian dapat dilihat hasilnya, perintahnya sebagai berikut “ip dns print”.

7.      langkah berikutnya adalah memberikan izin atau di bolehkan menggunakan atau mengakses internet (Masquerade) untuk jaringan LAN, berikut perintahnya.
 
8.      Kemudian dapat dilihat hasilnya, perintahnya sebagai berikut.

0 komentar on Konfigurasi Router Menggunakan Mikrotik :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Chat

Pengikut

Entri Populer